Kamis, 29 Agustus 2013

CONTOH LAPORAN ILMIAH



LAPORAN ILMIAH




                                                                                          
PENGARUH VOLUME AIR TERHADAP PERTUMBUHAN TUNAS DAUN COCOR BEBEK
Nama Kelompok:
1.    Oktavia Nur Budhi
2.    Rinjani Mustika Sari
3.    Siti Nurjanah
4.    Zhafran Zharif
KELAS                  : X IPA 1
KELOMPOK        : 6






SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 METRO
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas terselesaikannya tugas ilmiah yang di berikan kepada kami, sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. 
Laporan ini disusun oleh siswa untuk  bahan pembelajaran biologi sebagaimana yang di ajarkan di kelas. Laporan ini dibuat dengan runtut sesuai dengan kalimat yang sederhana dan bahasa yang komunikatif. Penjelasan dalam laporan ilmiah ini disertai gambar untuk memperjelas konsep yang disajikan.
Akhirnya, kami siswa-siswi SMA Negeri 1 Metro kelas X IPA 1 kelompok 6  Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat menyelesaikan laporan ini.
Demikian, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami yang tengah mempelajari materi ini.


Metro, 29 Agustus 2013


Penyusun







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK ATAU INTISARI

BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakangMasalah
B.     RumusanMasalah
C.     TujuanPenelitian
D.    ManfaatPenelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.    DasarTeori
B.     HipotesisPenelitian

BAB III METODE PENELITIAN
A.    RancanganPenelitian
B.     AlatdanBahan
C.     Cara Kerja
D.    Analisis Data

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    HasilPenelitian
B.     Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran

DAFTAR PUSTAKA
















ABSTRAK

Cocor bebek merupakan salah satu dari berbagai tanaman yang  mudah di kembangbiakkan. Tidak seperti tanaman lain yang di bilang sulit, seperti harus menunggu dengan waktu yang lama, media tanam yanga sulit di dapat, sulit bereproduksi, dan lain-lain.
Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini tersebar di daerah tropic seperti Asia, Australia, Hawai, Selandia Baru, dan lain-lain. Di Hawai tanaman ini di angggap sebagai  tanaman species yang invasive. Alasan utama persebarannnya yang  besar adalah karena kepopuleran tanaman ini sebagai tanaan hias. . Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu. Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.

Cocor bebek merupakan salah satu tanaman herbal yang telah di kenal nenek moyang sejak zaman dahulu sebagai obat untuk berbagai penyakit. Selain itu juga merupakan sarana pengobatan China yang mudah di kebangbiakkan. Cocor bebek yang bersifat anti radang, menghentikan pendarahan dan mengurangi pembekakan, dan mempercepat penyembuhan luka.  Cocor bebek yang mempunyai rasa sedikit asam, lunak dan dingin ini juga mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, flafonoid, alkanoid, querceti9n-3-diarabenoside, dan kaemferol-3-glukoside.









BAB I PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Semua makhluk hidup, pasti akan bekembangbiak guna mempertahankan jenisnya. Maka dari itu semua makhluk hidup pasti bereproduksi. Dari bermacam-macam cara bereproduksi, dari semua makhluk hidup, ada yang membutuhkan waktu yang lama dan melaui proses yang sulit, ada juga yang membutuhkan waktu yang singkat dan proses yang mudah, bahkan ada apabila ingin melanjutkan keturunannya sama saja dengan mengakhiri hidupnya.
Makhluk hidup yang bereproduksi dengan cara yang cepatdan mudah maka tidak akan punah, lain halnya dengan makhluk hidup yang bereproduksi dengan cara yang membutuhkan waktu yang lama serta proses yang amatsulit. Maka makhluk hidup tersebut akancepat punah.
Seperti pada hewan gajah, dalam bereproduksi ia membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu ketika melewati masa hamil yaitu pada saat melahirkan, seekor induk gajah hanya melahirkan satu ekor anak gajah saja. Itupun tidak semua bayi gajah yang dilahirkan dalam kondisi sehat.  Kebanyakan bayi gajah yang dilahirkan buta.
Lain halnyadengan hewan semut, nyamuk, lalat, dan hewan lainnya yang bereproduksi dengan cepat dan sekali bereproduksi menghasilkan keturunan yang banyak dan tak terhitung jumlahnya. Maka hewan-hewan ini sulit untuk punah.
Selain cara bereproduksi, syarat yang harus di penuhi oleh makhluk hidup agar tidak cepat punah adalah ketahanannya pada lingkungan atau bisa di katakan daya adaptasi yang tinggi. Makhluk hidup yang bisa beradaptasi dengan lingkungannya maka ia akan bisa bertahan hidup, tapi makhluk hidup yang tidak mampu untuk beradaptasi dengan lingkungannya maka ia akan punah.
Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang mudah bereproduksi, karena ia bisa tumbuh atau menghasilkan individu baru hanya dengan menanamdaunnya, cara ini lazim di sebut dengan cara bereproduksi dengan tunas adventif. Tanaman ini juga tidak mudah punah karena ia bisa tumbuh dimana saja.
Cocor bebek merupakan tumbuhan darat yang sebagian berbunga dan tidak, jenisnya pun berbeda-beda.Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah di budidayakan dan di kembangbiakkan.  Karena cocor bebek merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif, yakni tunas yang merupakan calon individu baru dan akan tumbuh pada bagian tepi daun atau bagian tubuh lain yang tidak biasa. Pada tumbuhan ini yang biasa di gunakan sebagai bibit atau calon individu baru adalah bagian daun yang di biarkan pada tanah basah atau tanah yang berhumus.
Tapi, pada cocor bebek dengan jenis tertentu ketika masih berada pada batang yang masih berdiri tegak dan segar akan tumbuh tunas adventif yang merata ke seluruh bagian tepi daunnya.  Menurut tinggi dari batang tanaman itu sendiri ada yang bisa tumbuh dengan sangat tinggi dan bahkan ada juga yang memilki tinggi batang sangat rendah atau kerdil.
Banyak sekali orang yang menggunakan tanaman cocor bebek untuk tanaman hias di taman, tetapi banyak orang  yangbelumdapat menanamnya dengan baik, akhirnya banyak sekali tanaman cocor bebek yang mati akibat kekurangan air.





















B.     RUMUSAN MASALAH
Bagaimana cara pembaca mengetahui pengaruh dari volume air yang berbeda terhadap pertumbuhan akar tanaman cocor bebek?

C.     TUJUAN PENELITIAN
Dari penelitian yang telah dilakukan ini, agar pembaca dapat mengetahui perkembangan pertumbuhan akar dengan media jumlah air yang berbeda terhadap tanaman cocor bebek. Sebelum penelitian dibuktikan, penulis melakukan hipotesis terlebih dahulu.
Dan terbuktilah hipotesis itu dari penelitian ini, bahwa pertumbuhan paling cepat dan banyak pada akar cocor bebek apabila jumlah atau volume air lebih banyak.

D.    MANFAAT PENELITIAN

1.      Dapat mengenal lebih jauh mengenai cara dan perkembangbiakan cocor bebek
2.      Dapat  menganalisis masalah yang terjadi ketika dalam pertumbuhan
3.      Mengerti perbedaan kecepatan tumbuh antara cocor bebek yang satu dengan yang lain dengan perbedaan media atau yang lain.









BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.    DASAR TEORI
Perkembangbiakkan pada tanaman cocor bebek termasuk dalam perkembangbiakkan vegetative, dan termasuk dalam kelompok tunas adventif. Cara perkembangbiakkan dengan cara ini adalah dengan menanam bagian tubuh tumbuhan yang tidak lazim sebagai bibit calon individu baru, seperti daun. Daun yang di tanam pada media yang yang di perkirakan bisa di gunakan untuk mengembangbiakkan daun dari tanaman cocor bebek.
Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting, umumnya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahayamatahari untuk fotosintesis. Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotrof obligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya matahari menjadi energikimia.

B.     HIPOTESIS PENELITIAN
Tanaman cocor bebek sangat mudah untuk ditanam, bahkan ketika daun tanaman itu gugur diatas air, maka didaun itu akan tumbuh tunas akar baru.
Dalam penelitian ini, telah dibuktikan bahwa apabila jumlah atau volume air lebih banyak, maka tunas yang tumbuh pada tanaman cocor bebek ini akan semakin banyak, sedangkan jika airnya hanya sedikit tunasnya pun tumbuh sedikit saja.
Dan hipotesis yang diperkirakan, ternyata cocor bebek dapat hidup pada kapas yang diberi air. Jadi, tanaman cocor bebek dapat tumbuh dan hidup dimana saja dalam permukaan yang lembab.

BAB III METODE PENELITIAN

A.    RANCANGAN PENELITIAN

Perlakuan I : Daun cocor bebek disiram dengan air sebanyak 5ml
Perlakuan II : Daun cocor bebek disiram dengan air sebanyak 10ml
Perlakuan III : Daun cocor bebek disiram dengan air sebanyak 15ml

B.     ALAT DAN BAHAN

Alat dan bahan :
·         Mangkuk
·         GelasUkur
·         Dauncocorbebek
·         Kapas/tisu
·         Air
·         Tiga tanaman cocor bebek dengan jenis yang sama.

C.     CARA KERJA

1.      Siapkan 3 mangkuksebagai media tanaman
2.      Masukkankapas/tisukedalammasing-masingmangkuksecukupnya
3.      Berikan air masing-masingsebanyak 5 ml (Tanaman A), 10 ml (Tanaman B) dan15 ml (Tanaman C).
4.      Gunkangelasukuruntukmenyiramtanamansesuaidengantakaran yang ditentukan
5.      Lihatdancatatperkembanganakarnyaselama 7 hari/ 1 minggu.

D.    ANALISIS DATA
Dari tabel hasil pengamatan pada halaman akhir, dapat kita analisa bahwa pertumbuhan akar daun cocor bebek memiliki perbedaan yaitu:
ü  Takaran air 5 ml (A1) : 2
ü  Takaran air 10 ml (A2) : 3,7
ü  Takaran air 15 ml (A3) : 4,6

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    HASIL PENELITIAN

Hasil Pengamatan
Tanaman A
Tanaman B
Tanaman C
Hari ke-1



Hari ke-2
Bintik-bintik akar mulai terlihat di sela-sela pada ujung daun
Bintik-bintik akar mulai terlihat di sela-sela pada ujung daun
Bintik-bintik akar mulai terlihat di sela-sela pada ujung daun
Hari ke-3
Belum ada peningkatan
Bintik-bintik akar terlihat di seluruh sela-sela daun
Bintik-bintik akar terlihat di seluruh sela-sela daun
Hari ke-4
Bintik-bintik akar terlihat di seluruh sela-sela daun
Akar mulai memanjang di bagian ujung ±
Akar mulai memanjang di bagian ujung ±
Hari ke-5
Bintik-bintik akar terlihat di seluruh sela-sela daun
Akar mulai memanjang di sela-sela daun ±
Akar mulai memanjang di sela-sela daun ±
Hari ke-6
Akar mulai memanjang di bagian ujung daun  ±
Akar semakin panjang di bagian ujung daun ±
Akar semakin panjang di bagian ujung daun ±
Hari ke-7
Panjang akar ±
Panjang akar ±
Panjang akar ±

Keterangan :
o   Tanaman A : Takaran air 5 ml
o   Tanaman B : Takaran air 10 ml
o   Tanaman C : Takaran air 15 ml

Berikutinigambar-gambarperkembanganakardauncocorbebek :

Ø  Hari ke-1sampai hari ke - 5









             5 ml                                             10 ml                                           15 ml     


Ø  Hari ke-6





                     5 ml                                           10 ml                                              15 ml        





                                                                                                                      
Ø  Hari ke-7

  
                        5 ml                                        10 ml                                           15 ml


B.     PEMBAHASAN

Perkembangbiakkan pada tanaman cocor bebek termasuk dalam perkembangbiakkan vegetative, dan termasuk dalam kelompok tunas adventif. Cara perkembangbiakkan dengan cara ini adalah dengan menanam bagian tubuh tumbuhan yang tidak lazim sebagai bibit calon individu baru, seperti daun. Daun yang di tanam pada media yang yang di perkirakan bisa di gunakan untuk mengembangbiakkan daun dari tanaman cocor bebek.

                       











BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa bagian dari tubuh tumbuhan cocor bebek khususnya daun dapat tumbuh tunas, dan dapat tumbuh di media kapas/tisu yang diberi air, serta terdapat perbedaan kecepatan pertumbuhan pada akar, yakni tanaman yang memiliki banyak kandungan air akan tumbuh lebih cepat, begitupun sebaliknya.

B.     SARAN
Telah diketahui bahwa tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang mudah untuk dikembangbiakkan, maka dari itu bagi orang yang ingin mengembangbiakkan tanaman ini bisa menggunakan teknik yang telah dipraktekkan.












 DAFTAR PUSTAKA

www.google.com
www.wikipedia.org
www.yahoo.com 



4 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
hanya ingin menjadi yang terbaik
Diberdayakan oleh Blogger.